Sabtu, 28 Maret 2009

Tragedi Situ Gintung

Pada pagi-pagi buta, sekitar pukul 05.00 (27/03/09) gemuruh air dari waduk situ gintung menerjang perkampungan sekitar bak sunami kecil. Ini diakibatkan jebolnya bendungan waduk sepanjang 80 meter yang memisahkan antara air waduk dengan perkampungan. Sampai saat ini, pukul 24.00 korban meninggal yang sudah diketemukan berjumlah 65 dan ratusan korban cidera.

Teragedi ini di awali dengan turunnya hujan deras selama tiga hari menjadikan waduk Situ Gintung tidak dapat menampung air. Pukul 19.00 air meluap dan terjadi kebocoran di sekitar bendungan. Beberapa jam kemudian terdengar suara gemuruh air di sekitar bendungan dengan diiringi suara keras lemparan batu (krikil) karena dorongan air. Pukul 03.00 dini hari bendungan bocor dan air luber merayap ke pemukiman. Puncak terjangan air terjadi pukul 05.00 ketika adzan subuh.

Air bak dalam sekejab menerjang perkampungan padat penduduk dan meluluhlantahkan sejumlah bangunan fasilitas umum. banjir juga merendam 4 kawasan perumahan di daerah cirende. Banyak mobil yang terseret hingga ratusan meter dan terperangkap di pepohonan dan di atas rumah.

Danau Situ Gintung merupakan lokasi pariwisata yang dibangun tahun 1980-an. Tempat wisata yang berada di selatan kota Jakarta ini memiliki luas air 21 hektar dan kedalaman 10 meter. Di tengah danau terdapat pulau yang dinamakan pulau gintung yang merupakan tempat wisata dengan fasilitas lepangan tennis, beberapa saung dan tempat istirahat yang di sewakan. Sering masyarakat dan mahasiswa mengunjungi dan membuat acara disana baik formal maupun non formal. Di sekitar danau terdapat rumah makan, kolam renang, tempat outbon, dan hotel menjadikan situ gintung sebagai tempat favorit untuk menghilangkat penat.

Di sebelah utara terdapat tanggul yang dibangun pada tahun 1933 oleh Belanda. Tanggul tersebut merupakan jalan penduduk yang hanya gundukan tanah dengan panjang sekitar 140 meter. di pagi hari yang naas itu air menerjang bangunan di sebelah utara Situ Gintung menuju kali pesanggrahan

0 komentar:

Anda Klik; anda mendapat rupiah

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP